Corak Batik Solo dan Perbedaanya Dengan Batik Jogja

Batik adalah warisan budaya Indonesia. Daerah yang berbeda, batik berbeda ini sehingga batik di Indonesia sangat beragam. Setiap batik memiliki kekhasan tersendiri yang didasarkan pada pola dan warna. Juga dengan batik Solo dengan batik Yogyakarta, yang keduanya merupakan pusat budaya Jawa. Melihat cerita, baik batik Yogyakarta dan batik Surakarta berasal dari pola batik di istana Mataram. Tidak heran jika Anda menemukan motif yang sama di kedua batik, meskipun ada perbedaan dalam pengembangan. Sebenarnya ada banyak kesamaan dalam motif, tetapi mereka ditandai dengan nama yang berbeda. Istilahnya sama tetapi tidak sama, bersama dengan perbedaannya.

  1. Desain
    Jika dilihat secara akal sehat, desain kedua batics ini agak mirip. Namun jika dilihat lebih detail, motif batik dari Yogyakarta umumnya lebih besar dan lebih ketat, menciptakan kesan maskulin atau maskulin. Desain untuk batik solo lebih kecil, memiliki desain yang fleksibel dan menciptakan kesan tenang dan elegan.
  2. Warna
    Ada salah satu cara termudah untuk membedakan antara Batik Solo dan Batik Yogyakarta. Caranya adalah dengan melihat warna-warna dasar batik. Batik Yogyakarta memiliki warna latar belakang putih, sedangkan warna latar Solo-batik didominasi cokelat keemasan atau lebih gelap. Meskipun batik Yogyakarta menunjukkan warna gelap, warna dalam batik lebih cenderung kebiru-biruan, sedangkan warna-warna gelap dari batik Solo berwarna hitam kecoklatan.
  3. Prada atau hiasan emas
    Selama era Mataram, beberapa batik ditutupi dengan hiasan emas untuk acara-acara tertentu. Sejauh ini, maniak batik Yogyakarta dan batik Solo masih melakukan ornamen emas untuk batik. Di Yogyakarta batik hampir semua motif batik ditutupi dengan ornamen emas. Untuk batik Solo, garis dan beberapa perhiasan ditandai dengan emas.
  4. Motif parang
    Salah satu perbedaan yang jelas adalah motif batik parang. Dalam motif batik parang Yogyakarta, kemiringan subjek adalah dari kanan atas ke kiri bawah. Sambil berjalan di motif batik Solo parang, Anda berlari dari kiri atas ke kanan bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *