Pentingnya Cycling Dalam Aquarium Air Laut

 

Sejatinya manfaat cycling dalam aquarium air laut sangatlah banyak bagi seluruh kehidupan satwa laut. Pasalnya tahapan ini bertujuan untuk membersihkan air laut dari seluruh kotoran serta zat kimia yang mana keberadaannya mampu mengancam kelangsungan hidup seluruh satwa laut.

Selain itu proses ini juga mendukung pertumbuhan hewan laut yang mana keberadaannya mampu menjadi sumber makanan alami bagi para penghuni aquarium air laut. Seperti misalnya plankton, copepod serta bakteri-bakteri lainnya yang dibutuhkan oleh seluruh ekosisitem laut. Guna mempercepat proses perubahan bakteri ini Anda dapat mendukungnya dengan menambahkan bakteri hidup (mis. Bactopur) kedalam stumb pada bagian bioball.

Menurut teori proses cycling ini dilakukan kurang lebih selama 1 bulan lamanya dengan cara menggerakkan seluruh aliran air utama ke bagian stump yang kemudian diiringi dengan menggerakan peralatan-perelatan lainnya seperti calcium reactor serta denitrator secara terus menerus. Namun ada beberapa kondisi yang hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 minggu saja untuk melakukan tahapan cycling dalam aquarium air laut ini.

Membantu serta mendukung proses penguraian amoniak, nitrit serta nitrat yang dilakukan oleh bakteri positif pengguna lainnya merupakan kegunaan cycling dalam aquarium air laut selanjutnya. Sudah jadi rahasia umum bahwa amoniak, nitrit dan nitrat merupakan beberapa senyawa yang mampu mengancam kelangsungan hidup seluruh ekosistem alut pada aquarium air laut yang Anda buat. Meskipun memiliki konsentrasi racun yang berbeda-beda, namun keberadaannya sangat merugikan dan mengganggu tumbuh kembang satwa laut.

Senyawa amoniak ini bermula dari kotoran serta sisa-sisa makanan dalam air laut yang telah membusuk. Lalu amoniak akan diuraikan kembali menjadi nitrit dengan kadar konsentrasi racun yang rendah, kemudian nitrit diuraikan lagi menjadi nitrat hingga menghasilkan bakteri-bakteri baik serta hewan laut yang mampu menjadi sumber makanan alami bagi seluruh biota laut.

Bagaimana banyak sekali bukan manfaat cycling dalam aquarium air laut?

Nah itulah pembahasan lengkap terkait pentingnya cycling dalam aquarium air laut yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *