Rumus Dalam Dunia Kimia


Mengenal Kimia

Kimia merupakan salah satu cabang ilmu utama. Kimia merupakan ilmu fisik yang mempelajari rumus susunan, struktur, sifat dan perubahan materi. Seperti yang kita telah ketahui bahwa seluruh benda yang ada di dunia ini tersusun atas unsur – unsur yang kita temukan di tabel periodik.

Ilmu kimia memiliki topik bahasan seperti sifat atom, ikatan kimia atom dalam suatu senyawa, interaksi zat melalui gaya molekul yang menghasilkan sifat – sifat umum materi dan sebagainya. Kimia juga disebut sebagai ilmu pusat karena dapat menjembatani pengetahuan dari berbagai ilmu seperti biologi, geologi bahkan fisika.

Mengenal Rumus Kimia

Rumus kimia pertama kali diciptakan oleh seorang ilmuan berkebangsaan Swedia pada abad ke – 9 bernama jons Jacob Berzelius.Rumus kimia merupakan cara ringkas memproses informasi tentang perbandingan atom yang menyusun suatu senyawa kimia. Rumus kimia terdiri dari sebaris simbol unsur kimia , nomor, dan terkadang menggunakan simbol seperti tanda kurung, kurung siku serta tanda plus (+) dan minus(-). Adapun rumus dalam bentuk yang paling sederhana disebut rumus empiris.

Apabila kita akan mengidentifikasi suatu senyawa molekular, Rumus kimia akan mengindentfikasikan tiap unsur kimia yang terkandung dalam molekul tersebut. Rumus kimia akan menuliskan Simbol atom serta jumlah unsurnya.

Aplikasi Rumus Kimia

Aplikasi rumus kimia ada diberbagai bidang kehidupan kita, mari kita mulai dalam bidang kesehatan. Anda pasti tdak asing dengan berbagai obat – obatan kimia tablet yang ada di pasarn. Berkan rumus kimia, kita dapat mengkonsumsi obat – obatan yang tepat untuk segala penyakit kita.

Dalam bidang ilmu pengetahuan, Rumus kimia telah membantu beberapa proses biokimia seperti menjelaskan bagaimana glukosa yang merupakan hasil dari proses fotosintesis. Dalam hal tersebut Rumus kimia bagi glukosa adalah C6H12O6 , berkat hal tersebut kita dapat mengetahui bahwa glukosa terbuat dari 6 atom karbo , 12 atom hidrogen dan atom oksigen sebanyak 6. Gabungan dari ketiga atom itu telah menciptakan suatu senyawa baru dengan siifat yang berbeda pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *