Faktor Perut Buncit yang Harus Anda Ketahui

Faktor penyebab perut buncit wajib Anda ketahui agar Anda terhindar dari obesitas atau perut buncit yang berlebihan. Seperti diketahui, perut buncit memang menjadi masalah yang biasa menyerang kebanyakan orang terutama bagi kaum pria. Anda harus menyadari bahwa perut buncit dapat menyerang siapapun baik itu orang yang mudah atau sulit untuk gemuk sekalipun. Hal ini akan membuat penampilanmu menjadi tidak semenarik sebelumnya serta menghambat gerakmu.

4 Faktor Perut Buncit Secara Umum

Perut buncit tentunya momok yang menakutkan karena dapat menghambat berbagai aktifitasmu. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja faktor penyebab perut buncit agar Anda dapat mencegah hal ini sedini mungkin. Adapun faktor tersebut adalah:

  1. Malas Olahraga

Lemak merupakan salah satu sumber energi cadangan yang tersimpan dalam tubuh. Namun, jika Anda malas bergerak atau berolahraga maka lemak ini akan menumpuk dan menyebabkan kegemukan. Salah satu tempat penimbunan lemak adalah perut, sehingga perutmu akan membuncit jika malas berolahraga secara rutin dan hal ini merupakan faktor perut buncit yang paling utama.

  1. Usia dan Hormon

Perut buncit akan mudah menyerang pria ketika umurnya semakin bertambah. Hal ini dikarenakan produksi hormon testosteron dalam tubuh akan menurun. Salah satu fungsi hormon ini adalah mengubah kalori menjadi energi. Namun, saat jumlahnya berkurang maka kalori yang tidak terolah akan menjadi lemak dan jika hal ini di ikuti dengan malas bergerak atau olahraga maka akumulasi lemak akan semakin cepat terjadi. Pada akhirnya lemak akan mengumpul di bagian perut ataupun pinggang bagi pria yang mengakibatkan perut buncit.

  1. Sering Begadang

Istirahat yang cukup merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Setidaknya bagi orang dewasa membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk tidur pada malam hari. Jika kurang dari itu, maka tubuh akan mulai mengalami gangguan. Salah satu masalah yang muncul dari faktor perut buncit ini menyebabkan meningkatnya peluang risiko naiknya berat badan, sehingga Anda akan mudah buncit jika kurang tidur dalam waktu lama. Karena itu Anda harus selalu cukup beristirahat setiap harinya.

  1. Stres

Setiap manusia memiliki hormon kortisol atau yang biasa dikenal sebagai hormon stres yang akan di produksi ketika Anda merasa tertekan atau stres. Biasanya orang yang lagi stres akan melampiaskannya dengan banyak mengonsumsi makanan berkadar lemak tinggi ataupun manis, sehingga mempercepat proses penumpukan lemak pada tubuh. Oleh karena itu, orang yang mudah stres cenderung akan mudah terkena perut buncit.

Itulah 4 faktor perut buncit yang sering melanda banyak orang. Setelah mengetahui hal Salah satu bentuk dari obesitas adalah perut buncit. ini Anda harus segera mengubah pola hidup agar lebih sehat, selain itu jangan lupa berolahraga dan konsumsi makanan sehat serta kaya serat agar tubuhmu selalu dalam keadaan prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *