Mengenal Tanda Awal Kehamilan Selain Telat Haid

Telat haid terlanjur menjadi tanda umum dari seorang wanita yang akan mengalami masa kehamilan. Namun sebenarnya ada banyak sekali tanda awal kehamilan yang dapat dilihat melalui perubahan bagian tubuh. Selain itu, tingkat emosional calon ibu juga berubah menjadi lebih sensitif bahkan cenderung emosional. Perubahan juga dapat dilihat dari perubahan pola makan yang menjadi lebih pilih-pilih serta sensitif terhadap bau tertentu.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang akan terlihat saat usia kandungan masuk di trimester pertama:

  1. Perubahan bentuk tubuh

Tanda kehamilan dapat dilihat dari perubahan bentuk tubuh khusunya pada bagian payudara. Hal ini biasa ditandai dengan bentuk payudara yang membesar dan sakit ketika disentuh. Pada bagian putting juga berubah menjadi lebih besar dan berwarna gelap hal ini dikarenakan perunahan hormon yang sedang mempersiapkan untuk menysui saat nant bayi akan lahir. Selain perubahan bentuk payudara tanda kehamilan juga dapat terlihat dengan kebiasaan buang air kecil yang terlalu sering. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon HCG lantaran terjadi implantasi hingga memicu Anda untuk sering buang air kecil.

  1. Mudah sakit dan gampang lelah

Calon ibu hamil biasanya akan mengalami banyak masalah kesehatan seperti pusing, serta mual di sepanjang hari. Morning sickness merupakan salah satu gejala yang mungkin bakal sering dialami akibat naiknya kadar asam lambung. Peningkatan hormon progesteron juga dapat menyebakan badan terasa lemah dan mudah lelah. Namun sejatinya naiknya hormon progresteron ini sangat bermanfaat untuk melindungi embrio janin. Hanya saja dampaknya akan sedikit buruk untuk calon ibu yang menjadi lebih sering terkena berbagai jenis penyakit. Penyakit yang sering menyerang biasanya flu, gusi bengkak karena sistem imun melemah, hingga bengkak pada mata.

  1. Terdapat flek dan perubahan cairan vagina

Tanda awal kehamilan dapat dilihat dari munculnya flek yang kadang sering disalah artikan dengan menstruasi. Kondisi ini disebabkan oleh sel embrio yang mulai menempel pada dinding rahim si calon ibu. Untuk warna fleknya sendiri biasanya cenderung kecoklatan, atau merah muda dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Selain flek, cairan vagina yang mengental bisa jadi tanda awal Anda mengalami kehamilan. Kram perut juga bisa jadi tanda kehamilan yang sering dirasakan pada trimester pertama. Kram perut sendiri terjadi karena sel telur sedang melakukan implantasi pada dinding rahim.

  1. Sembelit atau susah BAB

Peningkatan hormon progesteron ternyata juga dapat menyebabkan kinerja usus berjalan kian lambat. Hal ini kemudian menyebabkan Anda susah buang air besar hingga mengalami sembelit selama beberapa hari. Untuk mengatasinya, perbanyak minum air putih serta banyak mengonsumsi banyak makanan mengandung magnesium serta berserat. Jika memungkinkan lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat selama masa kehamilan. Perbanyak istirahat serta kurangi kerja berat untuk mengindari masalah pada kandungan seperti keguguran dan maslah lainnya.

  1. Perubahan emosi serta peka terhadap suhu

Tanda kehamilan yang terakhir adalah perubahan mood yang sering berubah setiap harinya. Anda akan lebih sering mudah marah, mudah tersinggung dan sangat sensitif terhadap lingkungan sekitar. Selain itu Anda juga akan lebih sensitif pada bau-bau tertentu seperti masakan dan parfum. Peka terhadap perubahan suhu tertentu juga menjadi tanda kehamilan. Anda akan merasa sangat menggigil ketika suhu terasa sangat dingin, dan merasa gerah saat cuaca sedang panas. Hal ini disebabkan oleh hormon yang kian meningkat hingga menimbulkan sensor dalam tubuh menjadi lebih peka.

Nah, itulah tadi ciri-ciri dan tanda awal kehamilan yang perlu Anda ketahui, terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *