Mengapa Anak Muntah Setelah Makan?

Orang tua sering dilanda kecemasan ketika melihat buah hatinya mengalami mual dan muntah setelah makan. Agar tidak terus berkelanjutan, maka Anda harus mengetahui penyebab anak mual dan muntah setelah makan. Dengan begitu, maka Anda dapat melakukan pengobatan sesegara mungkin. Ada dapat mengunjungi link https://www.goapotik.com/promo/obat-muntah-anak untuk info lebih jelasnya.

Penyebab Anak Mual dan Muntah Setelah Makan

Beberapa penyebab yang dapat memicu anak mengalami mual dan muntah setelah makan. Jika hal ini terus terulang, bisa jadi merupakan salah satu indikasi adanya alergi, akibat kelainan genetic langka atau gangguan pencernaan. Maka dari itu, membutuhkan obat muntah anak yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun jika mual dan muntah terjadi di luar kebiasaan dan tidak ada gejala yang lebih serius, maka kemungkinan anak mengalami keracunanan makanan atau terjadinya infeksi akibat virus atau bakteri seperti gastroenteritis. Berikut ini beberapa penyebab anak mengalami mual dan muntah:

  1. Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab anak sering mengalami perut mual dan muntah sesudah makan. Kondisi tersebut di picu karena respon abnormal dari sistem tubuh pada kandungan protein yang ada pada makanan. Biasanya yang sering menyebabkan alergi yaitu susu atau menu hidangan laut menjadi penyebab umum terjadinya alergi pada anak.

Selain mual dan muntah, gejala alergi yang disebabkan makanan atau minuman biasanya disertai dengan reaksi gatal-gatal pada kulit atau munculnya ruam merah hingga terjadi pembengkakan di area wajah.

  1. Mengalami Gangguan Pencernaan

Jika mual dan muntah terjadi secara terus menerus, maka dapat di indikasikan adanya gangguan pencernaan seperti GERD atau gastroesofagus. Kondisi ini disebabkan cincin otot esophagus yang tidak menutup dengan baik. Hal itu karena terjadinya aliran balik makanan ke esophagus dan menyebabkan makanan dimuntahkan kembali.

Selain itu, kebiasaan makan terlalu cepat dan tidak mengunyah makanan dengan baik, maka berlebihan juga menjadi faktor penyebab anak mual dan muntah setelah makan.

  1. Keracunanan makanan

Keracunan makanan adalah kondisi darurat medis yang mengharuskan anak harus segera mendapat penanganan medis. Apabila si kecil mengalami mual, muntah, kesulitan bernapas, keluar keringat berlebihan dan rasa sakit perut setelah makan. Maka kemungkinan besar anak mengalami keracunan makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *