Perusahaan Game Indonesia Rambah Pasar Eropa di Ajang Gamescom 2019

Setelah mencapai pasar AS pada Maret melalui acara Game Connection America (GCA) 2019, sepuluh perusahaan game Indonesia siap memasuki pasar Eropa melalui Gamescom 2019, yang diadakan di Cologne, Jerman pada 20-24. Agustus 2019.

Sepuluh perusahaan game tersebut adalah Agate International, MassHive Media, Megaxus Infotech, Wawa Games, Ozysoft Studio, Touchten Games, IESPL, Komodoz, Plexus & Oray Studios dan Everidea Interactive.

Partisipasi dari delegasi Indonesia di Gamescom 2019 adalah kelanjutan dari program Archipelageek yang diprakarsai oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (REQUIRED) dan Indonesian Game Association (AGI). Archipelageek adalah program yang berupaya membantu para pemain di industri kreatif, terutama dalam subsektor aplikasi dan pengembang game, untuk memasuki pasar dunia dan memenangkan calon mitra bisnis.

“Archipelageek adalah kegiatan Bekraf untuk mendorong inovator di sektor digital dan permainan untuk memperluas pasar di seluruh dunia melalui partisipasi dalam pameran besar di seluruh dunia. Kami menawarkan dukungan untuk menghadiri Gamescom di Cologne, Jerman. Misi besarnya adalah kami ingin membawa talenta Indonesia ke pasar dunia, ”kata Joshua Simandjuntak, wakil Marketing Agency seperti dikutip dalam siaran pers Bekraf di Jakarta.

Gamescom 2019 dikenal sebagai acara game terbesar di Eropa dan tentunya merupakan gerbang terbaik ke pasar Eropa. Setiap tahun, Gamescom dihadiri oleh lebih dari 350.000 pengunjung dari seluruh dunia dan lebih dari 30.000 mitra bisnis potensial, yang diharapkan dapat membantu permainan Indonesia menjadi lebih dikenal di pasar Eropa. Pada tahun 2018, Gamescom dihadiri oleh lebih dari 370.000 pengunjung dan 1.037 peserta pameran dari seluruh dunia.

Gamescom 2019 adalah partisipasi pertama Archipelageek dalam acara permainan Eropa ini setelah tiga tahun berturut-turut (pada 2017-2019) berpartisipasi dalam SXSW, dua tahun berturut-turut (2018 dan 2019) berpartisipasi dalam Game Connection America dan dua tahun berturut-turut (pada 2017 dan 2018) berpartisipasi dalam Tokyo Game Show.

Partisipasi Indonesia melalui Archipelageek dalam dua tahun terakhir dalam acara lain seperti Game Connection America telah cukup berhasil. Contohnya adalah Lentera Nusantara yang bertemu penerbit mereka, Aksys, untuk merilis Ghost Parade di platform PS4, Xbox One, PC dan Nintendo Switch.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *