Apa Itu Myasthenia Gravis dan Bagaimana Gejalanya?

Bagi orang awam Myasthenia Gravis adalah suatu keadaan dimana otot yang ada pada tubuh menjadi mudah lemah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan adanya gangguan yang terjadi pada saraf serta otot pada manusia. Biasanya penderita penyakit tersebut memang akan merasa lebih mudah cepat merasa lelah pada fisik mereka sesaat setelah melakukan aktivitas fisik. Akan tetapi, biasanya kelelahan tersebut memang akan hilang setelah penderita istirahat.

Sebagai informasi penyakit tersebut disebabkan oleh autoimun. Jadi autoimun merupakan salah satu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh seseorang atau antibodi menyerang tubuh mereka sendiri. Penyakit ini memang bisa dialami oleh siapa saja. Akan tetapi berdasarkan dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyakit tersebut lebih mudah dialami oleh para wanita yang berada di usia 20 sampai dengan 30 tahun. Akan tetapi bisa juga dialami oleh pria dengan usia di atas 50 tahun.

Apabila tidak segera mendapatkan penanganan yang serius, penderita akan mengalami masalah yang sangat serius seperti kondisi kesehatan tubuh yang akan terus melemah. Tidak hanya itu saja, penyakit tersebut juga mampu membuat seseorang tidak bisa bicara, menelan, bergerak dan kesulitan untuk bernafas. Adanya gangguan autoimun memang belum bisa diketahui secara pasti, namun ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa adanya kelainan yang terjadi pada kelenjar timus adalah faktor utama penyebab penyakit tersebut. Berikut ini adalah beberapa gejala yang muncul apabila terkena penyakit tersebut:

  1. Otot lebih mudah lemah
    Gejala penyakit ini yang paling mudah diketahui adalah terjadinya pelemahan pada otot. Biasanya gejala tersebut akan timbul setelah melakukan aktivitas. Biasanya diawali dengan gangguan pada penglihatan. Dari sini penglihatan mulai kabur dan bisa menjadi ganda. Hal ini dikarenakan terjadinya pelemahan pada otot mata. Otot yang sering digunakan untuk beraktivitas dalam waktu yang cukup lama dan tidak segera untuk mendapatkan penanganan yang tepat akan membuat penderita tidak akan membaik kondisinya meski sudah beristirahat.
  2. Nyeri otot pada leher, tungkai dan lengan
    Biasanya gejala-gejala tersebut aka muncul saat seseorang telah melakukan aktivitas fisik. Dengan melemahnya otot yang pada leher biasanya akan mampu membuat penderita akan kesulitan saat mengangkat kepala setelah berbaring atau tiduran. Dan yang lebih parah adalah penderita juga akan kesulitan untuk berdiri, tidak mampu untuk mengangkat beda sampai dengan menggosok gigi atau mencuci rambut sekalipun.
  3. Otot wajah dan tenggorokan menjadi lemah
    Keadaan tersebut biasanya akan muncul dengan beberapa gejala seperti bicara menjadi cadel, akan kesulitan untuk menelan baik makanan atau minuman. Keadaan tersebut membuat penderita mudah tersedak dan suara bisa menjadi serak. Gejala lain yaitu penderita akan susah untuk mengekspresikan wajah seperti contohnya adalah tersenyum.

Myasthenia Gravis termasuk dalam salah satu penyakit kronis yang kondisinya akan menjadi semakin buruk seiring dengan berjalannya waktu bila penderita tidak segera menyadari dan menangani masalah tersebut. Sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga mampu untuk mengetahui kondisi dan perkembangan penyakit tersebut. Penderita penyakit ini juga sangat disarankan untuk segera datang ke IGD apabila mengalami sesak nafas. Hal ini dikarenakan keadaan tersebut mampu membuat penderita kesulitan bernafas dan nafas berhenti secara mendadak. Untuk itu, supaya terhindar dari penyakit tersebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti contohnya adalah selalu cuci tangan sebelum makan dan minum serta gunakan masker saat berdekatan dengan orang sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *