Bagaimana Cara Menghapus BI Checking

Kami tidak selalu dapat memenuhi kebutuhan finansial kami, baik individu maupun perusahaan. Terkadang kami membutuhkan bantuan keuangan dari bank yang memberikan pinjaman. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pinjaman dari bank. Syarat yang harus dipenuhi Bank untuk melunasi atau menyetujui pinjaman kami adalah nama kami tidak lolos BI Checking.

Tahukah Anda apa itu BI Checking sampai kita mendapat pinjaman dari bank? Mengapa kita mendapatkan BI Checking? Jika kita terkena BI Checking, apakah ada program pemutihan BI Checking? Dan bagaimana cara menghapus Pemeriksaan BI?

Apa itu BI Checking

Menurut Bank Indonesia, Informasi Peminjam Perorangan (IDI Historis) atau biasa dikenal dengan BI Checking merupakan produk / keluaran yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Peminjam (SID). ID historis mencakup informasi tentang semua alokasi dana dengan kondisi saat ini dan bermasalah mulai dari Rp.1 dan seterusnya, serta menampilkan informasi pembayaran historis yang dilakukan dalam 24 bulan terakhir. Pada 1 Januari 2018, sistem ini digantikan oleh SLIK (Sistem Informasi Keuangan) OJK yang dioperasikan oleh OJK, dimana tugas pokok OJK terkait sektor perbankan sebenarnya merupakan tugas Bank Indonesia sebelum pembentukan OJK.

Tugas OJK dalam memberikan informasi tentang BI Checking diatur sesuai dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK, disebutkan bahwa OJK memiliki tiga misi utama, yaitu:

  • Kegiatan jasa keuangan di bidang perbankan;
  • Kegiatan jasa keuangan di bidang pasar modal;
  • Kegiatan jasa keuangan di bidang perasuransian, dana pensiun, lembaga keuangan dan lembaga jasa keuangan lainnya.
  • Dimana untuk melaksanakan tugas pengaturan dan pengawasan di bidang perbankan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 terkait OJK, berwenang menyediakan sistem informasi debitur untuk memantau status kesehatan bank.

Kenapa Kita Bisa Terkena BI Checking

Tahukah Anda mengapa nama Anda terpengaruh oleh Pemeriksaan BI? Informasi mengenai debitur yang terkena Pemeriksaan BI dapat dilihat di SLIK OJK (Sistem Informasi Informasi Keuangan), dimana data debitur tersebut diberikan oleh bank kepada SLIK OJK. Oleh karena itu, jika ada debitur yang memiliki hutang di bank dan sering terlambat membayar tagihan apalagi membayar utangnya, maka data akan segera dicatat oleh SLIK OJK.

Bank akan memiliki dokumentasi lengkap dari setiap pembayaran angsuran nasabahnya, hal ini dapat menunjukkan apakah pembayaran yang dilakukan oleh debitur tersebut dilakukan atas pinjaman kreditnya atau tidak.

Apakah Ada Pemutihan BI Checking

Dalam aturan BI dan OJK tidak ada masalah pemutihan kreditur yang terkena Blacklist BI, data nasabah bermasalah akan terus didata di SLIK OJK apabila nasabah yang bermasalah dengan perbankan belum melunasi tunggakan. Namun, jika nasabah sudah melunasi tunggakannya, biasanya nasabah langsung mendapatkan bukti pembayaran dari bank dalam bentuk surat keterangan lunas (SKL). Surat Keterangan Transaksi (SKL) ini akan menjadi bukti yang dapat digunakan untuk membuktikan bahwa status tunggakan telah diselesaikan sepenuhnya dan nama Anda kembali dihapus dari daftar hitam BI.

Bagaimana menghapus Pemeriksaan BI

Cara untuk membersihkan nama kami di Bank adalah dengan menyelesaikan semua tunggakan yang terkait dengan bank yang bersangkutan. Apabila semua tunggakan sudah kami lunasi, maka kami akan menerima bukti berupa Surat Keterangan Transaksi (SKL), SKL ini akan menjadi bukti yang dapat digunakan untuk membersihkan kembali nama Anda di BI.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk melunasi tunggakan Anda bisa mendapatkan bantuan dari perusahaan jasa manajemen utang, aplikasi LAW-GO solusinya. LAW-GO membantu menyelesaikan masalah Kredit Macet Anda dari pengacara dengan berkonsultasi dan berkonsultasi dengan bank sampai rekening Anda diselesaikan dan / atau bunga tidak diperlukan. Dan Anda juga bisa mendapatkan diskon / diskon. Kemudian Anda ditagih dan dilecehkan oleh penagih utang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *