Cara Cek SLIK OJK Online 2020

Pernah dengar istilah SLIK OJK? Bagi yang belum mengetahui SLIK, SLIK adalah singkatan dari Sistem Informasi Keuangan, yaitu sistem yang dirancang untuk menjadi wadah pembiayaan antar lembaga dan informasi perkreditan di bidang keuangan.

Saat ini SLIK Online akan menyediakan semua data yang relevan untuk lembaga keuangan seperti bank atau lembaga pengelola informasi perkreditan dengan informasi peminjam yang dihasilkan oleh SLIK, lembaga SLIK dapat memutuskan apakah calon nasabah berhak atas pinjaman atau tidak.

Bahkan Anda sendiri bisa mendapatkan beberapa keuntungan dari SLIK, dimana sistem ini akan memberikan informasi akurat mengenai data kredit bank, baik dulu maupun sekarang. Informasi umumnya tersedia dalam bentuk data permodalan peminjam, plafon kredit, saldo hutang, kualitas kredit, beban bunga, pembayaran angsuran dan denda pinjaman.

Berbicara tentang SLIK, kita akan membahas cara cek OIK SLIK secara online. Selain itu, masih banyak lagi pembahasan penting lainnya yang akan kita bahas secara lengkap. Nah, daripada penasaran, ada baiknya kita simak survey secara mendalam dan lengkap tentang cara cek SLIK OJK online yang bisa Anda lihat di bawah ini.

1. MEMBERIKAN DOKUMEN PENDUKUNG UNTUK CEK BI ONLINE

  • Fotokopi identitas diri dan tunjukkan identitas asli berupa KTP (untuk WNI)
  • Foto copy identitas diri dan identitas asli berupa paspor (untuk WNA)
  • Surat otoritas asli dan salinan identitas otorisasi (jika penyerahan informasi diizinkan)

Entitas perusahaan

  • NPWP
  • Akta pendirian perusahaan
  • Perubahan undang-undang final yang memuat komposisi dan kewenangan pengurus ditambah identitas asli pengurus dan entitas komersial (atau fotokopi bersertifikat)
  • Membawa surat kuasa asli, fotocopy dan identitas asli badan usaha, fotocopy dan identitas asli surat kuasa (jika diberi kuasa).

2. ISI FORMULIR BI CHECKING ONLINE

Anda dapat membuka situs resmi untuk pendaftaran user.ojk.go.id. Melalui link ini dimungkinkan untuk meminta informasi debitur SLIK dengan cara mengisi antrian online terlebih dahulu.

3. JAM ANTRIAN

Layanan antrian online yang dibuka OJK terbagi dalam sesi-sesi berikut ini dan memiliki batasan kuota. Permintaan informasi debitur SLIK hanya terbuka pada hari dan jam kerja.

4. KONFIRMASI DATA

Anda kemudian akan mendapatkan persetujuan melalui email. Anda akan diminta untuk menghubungi nomor telepon hingga WhatsApp OJK-SLIK yang telah tertera di email untuk menyelesaikan verifikasi data. Pahami isi email dengan seksama untuk menghindari kesalahan dan selesaikan langkah ini sesuai dengan ketentuan yang disediakan.

5. PERIKSA Email

Dan yang terakhir memeriksa kotak masuk. OJK-SLIK akan mengirimkan informasi debitur SLIK melalui email. Jika Anda bingung membaca informasi debitur, Anda bisa mendapatkan panduan cara membacanya yang disediakan oleh OJK di situs resminya.

Jadi, inilah beberapa pembahasan lengkap yang bisa Anda lihat di atas. Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat membantu dan menambah visi anda. Jangan lupa baca juga artikel lainnya tentang Cara Cek Cek BI melalui HP yang disajikan oleh myjourney.id pada postingan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *